Tipe-tipe
Situasi Konsumen
a)
Situasi Komunikasi
Situasi komunikasi adalah suasana
atau lingkungan dimana konsumen memperoleh informasi atau melakukan komunikasi.
Konsumen mungkin memperoleh informasi melalui :
§ Komunikasi lisan dengan teman
kerabat,atau wiraniaga
§ Komunikasi non pribadi,seperti iklan
Tv,Radio,Internet,Koran dll.
§ Informasi diperoleh langsung dari took
melalui promosi penjualan,pengumuman di depan toko.
b)
Situasi Pembelian
Situasi pembelian adalah lingkungan
atau suasana yang dihadapi konsumen ketika membeli produk dan jasa. Situasi
pembelian akan mempengaruhi pembeli.
c)
Situasi Pemakaian
Situasi Pemakaian disebut juga
situasi penggunaan produk dan jasa merupakan situasi atau suasana ketika
konsumsi terjadi. Konsumen seringkali memilih suatu produk karena pertimbangan
dari situasi konsumsi. Misal: Konsumen Muslim sering memakai kopiah dan pakaian
takwa pada saat sholat atau pada acara keagamaan. Kebaya akan dipakai kaum
wanita pada acara pernikahan atau acara resmi lainya, dan jarang digunakan
untuk pergi bekerja Para Produsen sering menggunakan konsep situasi pemakaian
dalam memasarkan produknya, produk sering diposisikan sebagai produk untuk
digunakan pada situasi pemakaian tertentu.
2. Interaksi
INdividu dengan Situasi
Situasi
pembelian mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan pembelian konsumen dengan
gaya hidup believer. Hal ini menunjukkan bahwa situasi pembelian mampu
menghadirkan keinginan konsumen untuk membeli karena situasi ini bisa menjadi
stimulus terhadap keputusan konsumen untuk membeli.
Gaya
hidup pembelian juga mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan pembelian
konsumen atas sesuatu. Konsumen dengan gaya hidup believer ternyata juga
mengikuti mode-mode pakaian khususnya misalnya celana jeans sehingga gaya hidup
mereka berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dilakukan. Situasi
pembelian dan gaya hidup terhadap mode bagi konsumen dengan gaya hidup believer
ternyata cukup tinggi mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan
pengaruhnya sebesar 68%. Memahami serta menganalisis pengaruh situasi
dalam proses pembelian barang, banyak konsumen yang di pengaruhi oleh variasi
dari situasi lain yang sesuai dengan keadaan mereka saat itu. Belum tentu saat
orang lain menggunakan produk A saat ia berjemur di pantai tapi bisa saja orang
lain menggunakan produk A sebagai lotion untuk ke kantor atau kemanapun ia
pergi tidak harus saat berjemur saja. Jadi penggunaan produk tertentu tidak
hanya pada satu situasi saja tapi bisa untuk situasi lain untuk orang lain.
3.
Pengaruh Situasi tak terduga
Situasi tidak terduga dapat menjadi
pemicu seseorang untuk membeli suatu barang. Misalnya mahasiswa yang akan
mengikuti ujian dan lupa membawa pensil, maka secara otomatis dia
akan membeli pensil sebelum mengikuti ujian tersebut.
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/11/pegaruh-situasi-konsumen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar